Sabtu, 24 September 2011

Setel karburator untuk knalpot racing

Inilah pertanyaan sejuta orang. Mas, berapa main-jet atau pilot-jet, jika pakai knalpot racing? “Hoi.., sekadar ganti knalpot, belum tentu spuyer bergerak lho..., Banyak faktor berpengaruh naik-turun angka pengabut bensin ini. Contoh, proses overbos atau oversize, membuat kapasitas naik. Lepas filter udara, juga menaikkan perbandingan kompresi. Termasuk perubahan cuaca. “Intinya, perubahan komponen harus meninjau ulang spuyer. Belum tentu menggantinya, Usia juga pengaruh. Bertahun lubang spuyer terkikis bensin. Ibaratnya, air menetes mampu melubangi batu. Makanya, “Pengendara dituntut mendeteksi spuyer dari tenaga, ruang bakar, busi atau insting. Naik atau turun?” Itu gampang, enteng dan mudah. Nggak susah. Di mangkuk karburator diisi dua spuyer. Spuyer gemuk berlubang besar, disebut main-jet. Bengkel menyebut spuyer bensin. Angka atau nomornya tercantum di bibir luar diameter lubang. Angkanya 85 sampai 200 atau lebih. Tugasnya mengabutkan putaran tinggi. Bekerja dari ¼ pelintiran gas sampai full. Satunya lagi, postur panjang langsing. Angkanya tak sampai 50. Letaknya dekat main-jet juga. Itu disebut pilot-jet. Istilah bengkel, spuyer langsam. Melayani semprotan putaran rendah. Kurang dari ¼ putaran gas. Sekarang menentukan perlu menaikkan atau menurunkan angka spuyer? Jangan kira-kira, akhirnya mesin meledak. “Penting diingat, mengganti harus satu-persatu. Biar ketahuan mana berpengaruh ! Kalau ganti main-jet, ya itu dulu. Coba kebut pada gigi 3 atau 4 sekitar 500 meter. Lantas berakselerasi. “Jika brebet dan batuk, itu kekurangan bensin. Main-jet tinggal dibesarkan. Sebaliknya bila nariknya lama, suara seperti berat dan serak, main-jet kebesaran. Tinggal kecilkan. Naikkan satu interval. Tadinya 170, coba 175. Masih kurang, naikkan sampai tenaga pas. Begitu juga menurunkan intervalnya. “Paling gampang lihat businya. Usahakan elektrode busi berwarna cokelat seperti batu bata, setelah digeber sekitar 3 km. Itu tandanya spuyer pas, Pilot-jet, lebih sederhana. “Pagi-pagi susah start, atau saat start awal berat, itu tanda pilot-jet bermasalah,” analisis Sapulete. Lebih gampang lagi, dicuk tarikan lebih enak. Berarti angka pilot-jet kurang gede. Campuran udara terlalu kaya. “Nggak percaya, naikkan angka pilot-jet satu tingkat. Turunkan main-jet satu tingkat, : DETEKSI LEWAT PANAS Bisa juga deteksi lewat panas, sering dipraktekkan mekanik balap. Lebih ribet dan sedikit repot. Perlu jam terbang sebagai mekanik korek. Tapi akurat. Mereka cukup membaca busi atau kepala piston. Dicek selesai latihan atau setelah dijajal beberapa lap. Kira-kira 6 km. Untuk busi, dilihat elektrodenya. Putih bersih mendekati pucat, main-jet kekecilan. Mesin terlalu panas. Gelap, berarti terlalu basah. Mesin dingin. Spuyer perlu diturunkan. Juga deposit pembakaran kepala piston atau kubah kepala silinder. Makin banyak, berarti main-jet masih bisa naik. :: SETEL UDARA Selain spuyer, setelan angin perlu dicermati. Ini enteng. Nggak bikin bingung. Miskinnya udara hampir sama kekecilan main-jet. Tapi kondisi eletrode makin putih. Kelebihan udara ruang bakarnya hitam banget. Makanya setel baik-baik. Biasanya, produsen mematok angka putar balik (turn-out) alias diputar mentok ke kanan dan putar ulang ke kiri. Untuk 2-tak 2,5 putaran. Atau 1,5-2 putaran 4-tak. “Tapi itu patokan, jika sulit mencari posisi ideal Ada cara maksimal bisa dilakukan sendiri, tanpa perlu angka tadi. Ya lewat sekrup setelan udara di sisi karbu itu. Ingat, sekrup udara yang kecil. Yang besar, setelan gas. Caranya, sampeyan di kanan motor. Tangan kanan memutar gas. Tangan kiri pegang obeng pemutar sekrup udara. Putar gas sampai 2.000 rpm. Bersamaan dengan itu, putar mentok ke kanan sekrup angin. Jika mesin seperti mati, naikkan dikit gasnya. Yang penting jangan koit. Lalu, putar balik ke kiri sekrup udara. Berhentilah, jika putaran mesin naik tajam, namum langsam. Ulangi beberapa kali sambil mengingat berapa putaran membukanya tadi. :: SETELAN PELAMPUNG Suplai bensin di mangkuk karbu ditentukan setelan tinggi pelampung. Paling gampang, tinggal melihat bodi mangkuknya. Itu dilakukan setelah mengajak motor jalan beberapa menit. “Jika kering dan panas, tandanya bensin di mangkuk kurang. Artinya, angka tinggi pelampung terlalu besar. Kan semakin besar angkanya, makin dikit bensin. Sebaliknya, mangkuk terlalu banyak besin, bisa diketahui dengan embun. Ya, dinding mangkuk dingin. Panas mesin diredam banyak bensin. “Tinggal mengatur tinggi pelampung,” :: NINJA PAKAI MAIN-JET KIJANG Berhubung spuyer ninja itu Rp 60.000 per biji, ia mengakali spuyer Toyota Kijang lawas. “Kijang Doyok istilahnya. Cuma Rp 2.000 per buah, angkanya mendekati kira-kira 142,” ungkapnya. moga ini bisa bantu bro... tapi buat wa bantu bgt... ga perlu ke bengkel.... setelan dah maknyuss... test lari ma CS1 kalah start doang.... gigi 3 di kentut in tuh keluaran sayap tunggal..

11 komentar:

  1. gan mau tanya kalo tarikan awal ninja r agak lemah itu knapa yaahh...

    BalasHapus
  2. Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan,mungkin lebih dari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa garut,sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali ,namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uang dengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website dari KI SULTAN AGUNG sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya disuruh yakin dan melaksanakan apa yang di sampaikan KI SULTAN AGUNG, semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari alhamdulilah akhirnya KI SULTAN AGUNG membantu saya pesugihan dana gaib 10M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di JOGJA, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KI SULTAN AGUNG di 085242892678 atau kunjungi websitenya agar lebih di mengerti KLIK DISINI tidak lansung datang ke jawa juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. alhamdulillah hasilnya sama baik

    BalasHapus
  3. Gan ninja r ane kalo di pasang i kenalpot standar lancar tapi kalo di pasang racing rpm 7 keatas brebet gamau nge kips napa yak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai knalpot apa gan..?mf kalau pakai knalpot jgn pakai yg abal-abal .banyak tipe dan speak knLpot utk motor agan sesuaikan dgn ap yg agan inginkan...buat akselerasi ato buat topspeed .

      Hapus
  4. Gan ninja r ane kalo di pasang i kenalpot standar lancar tapi kalo di pasang racing rpm 7 keatas brebet gamau nge kips napa yak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak cocok kenalpot ny gan, kenalpot ny gak ada gas baliknya, atau juga setelan karbu ny kurang tuh

      Hapus
  5. Gan info bengkel yang bagus dimana

    BalasHapus
  6. Gan, saya punya ninja rr klo pagi udah 2-3hari gak nyala susah di nyalain. Trus karbunya ngembun. & saat start awal tarikan berat, lama respon tu masalah apanya ya gan
    & spuyer apa yg harus di ganti
    Tks

    BalasHapus
  7. Gan motor saya nggak ada minyak nya nggak bisa hidup kenapa tu gan

    ....

    BalasHapus
  8. Gan motor ane ninja rr karbu msih standar belum ganti pj sma mj.pake knalpot racing r9 setiap jalan santai bawah ko brebet nya? Tapi pas open kips mantaps gan? Kanapanya?

    BalasHapus